Pages

Saturday, April 26, 2008

Cara Menginstall Linux

Menyambung dengan tulisan saya yang sebelumnya tentang telah direleasenya Ubuntu Linux 8.04, nah pada tulisan ini saya akan coba menulis tentang cara menginstall linux dengan "baik" dan "benar" (ingat ada tanda kutipnya lho).

Mendapatkan Source Installer
Source installer itu penting adanya, karena tanpa ini kita tidak dapat menginstall linux, benar gak?... So, cara2 untuk mendapatkan installernya adalah sebagai berikut:
  1. Download dari official sitenya, Anda boleh mendownloadnya dengan koneksi pribadi yang tersendat2, tapi saya lebih menganjurkan gunakanlah koneksi kantor yang kencang dan gratis, janganlah anda takut ketahuan, karena mendownload linux itu benar adanya jadi gunakanlan "cincai2" terbaik, kalau download "bokep" bisa tapi download linux gak bisa, gak jantan dong
  2. Minjam Teman, Cara ini cara yang terbaik tidak perlu nunggu downloadan, cukup menggunakan kata2 sakit "Ces, lo download linux itu kemarin kan, pinjam donk gw mo jajal nih", sebagai catatan berlagak pintarlah dalam meminjam karena itu akan meningkatkan persentase kemungkinan dipinjamkan
  3. Beli, cara ini adalah cara malas dan malas dan malas, cukup cari2 site yang menjual cd linux lalu order boleh pake CC (boleh punya sendiri ato orang lain kekeke ) ato transfer. Ato cari ke toko yang jual DVD installer linux yang anda cari.

Instalasi
Setelah kita mendapatkan source installer maka langkah selanjutnya adalah instalasi, untuk yang belum berpemengalaman harap berhati2 dalam tahap ini karena ada kemungkinan data2 yang anda simpan hilang, apalagi data berharga seperti "Miyabi" Collection dkk ato "Foto2" yang selalu dikenang. Jadi cara2 menginstalasi adalah sebagai berikut:
  1. Baca manual instalasi dan ikuti petunjuknya, cara ini adalah cara terbaik untuk mempelajari linux karena akan tersimpan di dalam memori otak kita apalagi kita pernah gagal dan kehilangan "data2" tercinta. Cara ini sangat cocok untuk orang2 yang mempunyai keingintahuan yang tinggi.
  2. Todong teman yang bisa, cara ini adalah cara yang tercerdas dan tercerdik, anda cukup menggunakan kata2 sakit "Ces, ajarin gw install linux dong penasaran nih gw tapi gw lupa download HOWTO-nya", gunakanlah kata yang tepat supaya tidak mencerminkan anda malas. Cara ini cukup aman untuk "data2" tercinta, karena seorang yang ahli dalam urusan ini udah ngerti cara terbaiknya untuk menginstall linux.
Using Linux
Yeah, linux udah jalan nih. Sekarang kita masuk ke tahap berikutanya yaitu penggunaan linux. Linux itu sungguh bermanfaat selama kita menggunakannya dengan tepat. Contoh2 penggunaan linux adalah sebagai berikut:
  1. Belajar dan Meningkatkan Ilmu, untuk hal ini linux sangat bermanfaat sekali karena hampir keseluruhan program yang digunakan open source bahkan kernel linux sendiri open source, so kita bisa belajar untuk memahami dan memodifikasi linux itu sendiri, cool kan.
  2. Meningkatkan nilai diri, ya benar meningkatkan nilai diri dengan menggunakan linux kita bisa pamer ke cewek2 inceran, cukup bilang "neng, gw bisa linux nih mo diajarin gak, kalo mo yuk main ke kos ku...." (nah lo...). Tapi untuk ini kita harus hati2 jangan sampai target lebih jago dari kita, bisa ngeper nantinya. Jadi intinya misalnya anda menilai diri anda dengan nilai 4 (dalam skala 10) setelah menggunakan linux nilai anda akan naik menjadi 8.5 (dalam skala 10), kekekeke.
Ok deh, karena hari semakin laru dan pengali OT sudah memasuki angka 4, saya sudahi tulisan kalin ini. Semoga bermanfaat dan dapat memajukan serta mencerdaskan bangsa (amin....)


2 comments:

Anonymous said...

LInux ato "Linux yang loe donlod??
hahahaha

Gusman DP said...

Linux dong bro. kekekeke